Perlu Surat Rekomendasi Psikolog Masuk SD? Ikuti Tes Kesiapan Sekolah Online Disini!

Konten [Tampil]

Tes kesiapan sekolah merupakan rangkaian psikotes yang memiliki tujuan utama sebagai pengukur tingkat kematangan sekaligus potensi terhadap anak buat masuk Sekolah Dasar. Tes kesiapan masuk SD ini juga berguna dalam mendapatkan keterangan berupa surat rekomendasi psikolog profesional. 

Tes kesiapan masuk Sekolah Dasar ini bisa dilaksanakan secara tatap muka langsung maupun online menggunakan video call. Ketika hasil tes telah menyatakan tingkat kematangan anak tersebut telah siap, maka dikehendaki akan membantu dalam mempersiapkan mental guna mengikuti aktivitas belajar dalam Sekolah Dasar nantinya. 

Melalui surat saran psikolog profesional dimana melampirkan hasil tes kesiapan masuk sekolah, akan diketahui gambaran potensi serta hambatan yang dimiliki anak. Informasi dari hasil tes kesiapan sekolah ini begitu diperlukan oleh pihak sekolah dalam membantu pengembangkan kapabilitas siswa.

Apa Manfaat dan Tujuan Tes Kesiapan Sekolah?

Ada banyak sekali orang tua yang telah berencana untuk memasukkan anak mereka ke Sekolah Dasar sekalipun belum berusia 7 tahun sebagai usia yang direkomendasikan. 

Bagaimana jika anak tersebut masih berusia dibawah ketentuan minimal ?

Hal tersebut diperbolehkan buat mendaftarkan anak usia dibawah ketentuan, asalkan ada catatan orang tua anak tersebut membawa surat keterangan saran psikolog buat masuk SD.

Dengan berdasarkan dari Permendikbud Nomor 14 tahun 2018, dimana disebutkan bahwa syarat anak masuk SD diprioritaskan harus memenuhi usia 7 tahun, atau paling rendah 6 tahun per 1 Juli tahun berjalan. Walau demikian, apabila anak-anak yang belum mencapai usia 6 tahun, namun para orangtua telah ingin mendaftarkan ke jenjang SD, maka hal tersebut dapat saja dilakukan apabila anak memang punya kematangan & kapabilitas akademik yang menunjang. Karena perihal itu orangtua harus membuktikan menggunakan surat rekomendasi dari psikolog profesional (Haryadi, 2018 dalam http://www.tribunnews.com). 

Surat keterangan berisi rekomendasi dari psikolog ini dibutuhkan bagi para orangtua & pihak sekolah sebagai dasar dalam mengetahui bahwa anak tersebut sudah mampu atau belum buat mengikuti pendidikan dalam jenjang SD.

tes kesiapan sekolah

Manfaat Tes Kesiapan Sekolah Online & Onsite

Dengan mendasarkan terhadap peraturan bahwa usia minimal 6 tahun masuk Sekolah Dasar, juga belum begitu dituntut buat punya kapabilitas dalam membaca & menulis. Tapi dilapangan fakta memperlihatkan bahwa ada banyak Sekolah Dasar yang berharap kepada calon siswa yang bakal masuk ke SD sudah bisa membaca / menulis. 

Secara lazim memang anak telah mampu mengembangkan motorik halusnya sebagai pendukung kapabilitas menulisnya. Selain perihal itu terhadap umumnya kapabilitas kognitif anak dalam rentang usia tersebut telah siap buat menerima materi bersifat pengenalan rangkaian huruf.

Dalam usia menjelang masuk sekolah dasar dikehendaki anak telah mampu memahami ketika diajarkan mengenai angka / huruf. Begitu pula dalam tahap selanjutnya diharapkan mampu belajar membaca huruf serta rangkaian kata sekalipun masih tergolong sederhana. 

Hal tersebut diatas yang kemudian menjadikan banyak Sekolah Dasar kemudian memberikan sejenis tes membaca, menulis & berhitung ketika mulai masuk mendaftar. Walaupun begitu sebaiknya tes tersebut tak kemudian menjadi suatu seleksi ketat, cukup sebatas bertujuan mengetahui sejauh apa kapabilitas calon siswa dalam mengenali angka & huruf. Berdasarkan pertimbangan tersebut yang kemudian perlu melakukan tes kesiapan masuk sekolah baik dengan cara offline maupun online.

Tujuan Tes Kesiapan Masuk SD

Kemampuan yang dibutuhkan oleh anak ketika mengikuti pelajaran tingkat Sekolah Dasar sesungguhnya tidak begitu rumit. Secara umum pada saat anak telah berada terhadap usia yang mencukupi maka mereka telah punya kapabilitas & keinginan sebagai dasar melakukan eksplorasi lingkungan yang kian luas serta kesadaran patuh terhadap aturan. 

Begitu juga bila anak telah terbiasa mengikuti kegiatan belajar, serta sudah memperlihatkan minat buat mempelajari bermacam-macam perihal baru, maka menandakan anak termasuk mampu dan siap bila nantinya bakal mengikuti kegiatan belajar tingkat SD. Namun sebaliknya bila anak tetap kurang memperlihatkan keinginan dalam belajar, maka akan memperlihatkan perihal yang berbeda.

Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD

Surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD, merupakan sebuah keterangan yang akan melampirkan hasil tes kesiapan sekolah yang di dalamnya menyatakan kapabilitas anak bila nantinya mengikuti kegiatan belajar di tingkat Sekolah Dasar. 

Dalam surat saran psikolog ini mampu memperlihatkan beberapa faktor kesiapan anak. Di samping terhadap faktor usia serta kematangan mental, kapabilitas intelektual termasuk berpengaruh dalam menentukan apakah anak tersebut siap mengikuti materi sekolah di tingkat SD ataukah belum. Apabila anak mempunyai potensi kecerdasan dalam tingkat yang sangat baik, maka secara intelektual anak tersebut layak direkomendasikan untuk mengikuti kegiatan belajar di Sekolah Dasar.

Ada termasuk sebagian anak dimana memang punya tingkat kecerdasan yang cukup baik, hanya saja terdapat beberapa perihal yang penting untuk sangat diperhatikan, terutama jika usia mereka dibawah usia yang secara mental pada umumnya sudah matang untuk mengikuti pelajaran Sekolah Dasar dalam perihal ini adalah 6 tahun.

Kenapa masuk SD harus 6 tahun?

Ketika berada dalam rentang usia dibawah 6 tahun, secara lazim anak belum siap mengikuti kegiatan terstruktur bersama aturan yang cukup tegas. Jika anak belum siap berada dalam perihal ini, maka berpotensi mempengaruhi terhadap suasana perasaan & semangat dalam mengikuti pelajaran.

Pada usia 6 tahun, aktivitas bermain tetap cukup mendominasi dalam keseharian anak. Sehingga bila harus menjalani kegiatan secara terstruktur bersama porsi bermain yang berkurang, maka berpotensi mempengaruhi terhadap minat belajarnya.

Anak memiliki usia dibawah 6 tahun umumnya masih kurang mampu untuk fokus kepada sebuah aktifitas dalam jangka waktu cukup panjang, yang berpotensi mengakibatkan anak cepat merasakan kebosanan.

Kesimpulan

Dengan memperhatikan beberapa faktor terhadap berbagai penjelasan diatas, maka Tes Kesiapan Masuk SD akan disajikan bersama terdiri dalam 2 tes yaitu tes kecerdasan & tes kematangan yang akan mengukur 10 faktor penting.

Jika terhadap pengukuran 10 faktor tersebut menyatakan hasil yang baik, maka anak dinyatakan mampu dan siap buat masuk Sekolah Dasar sekalipun masih dibawah usia yang ditentukan. Hasil semua pengukuran tersebut, selanjutnya tercantum pada laporan hasil Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar bersama dengan keterangan Surat Rekomendasi Psikolog Profesional, bila anak masuk Sekolah Dasar dengan usia masih berada dibawah yang ditentukan.

Biaya Tes Kesiapan Sekolah Online & Onsite

Biaya tes kesiapan sekolah bisa diperoleh dengan tarif Rp 350.000 dengan waktu pelaksanaan tes kurang lebih membutuhkan durasi berkisar 60 menit. Tes bisa dilakukan secara tatap muka langsung atau melalui video call secara online.

Dimana rekomendasi tempat Tes Kesiapan Sekolah terbaik?

Setelah melalui tes kesiapan masuk Sekolah Dasar maka orang tua akan memperoleh surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD yang memuat keterangan apakah anak tersebut mencukupi kriteria atau belum. Dimanapun Anda berada silahkan untuk menghubungi customer service Biro Psikolog Jogja Laksita Educare melalui :

  • Whatsapp : 08170434500
  • Instagram : epsikologi
  • Facebook : fb.com/LaksitaEducare
  • Alamat : Jl. Wates Km.12 Argosari Sedayu Bantul Yogyakarta 55753 (Barat SMU Pangudi Luhur Sedayu)

0 Komentar

biro psikologi jogja